Minggu, 09 Desember 2012

tugas dan tanggung jawab

Adapun tugas dan tanggung jawab Butler service adalah:
1.       Front Office Department
1.1. Membantu tamu untuk melakukan pemesanan kamar untuk kedatangan berikutnya.
1.2.   Bertanggung jawab untuk membuka pintu kamar apabila bellman akan menyampaikan kiriman tetapi tamu yang dimaksud tidak ada di kamar. Dalam hal ini dia menjadi saksi bahwa kiriman untuk tamu tersebut telah diletakkan di meja tamu dan kemudian mencatatnya di log book.
1.3.   Memberikan informasi kepada concierge kalau ada tamu yang membawa seseorang masuk ke kamarnya padahal nama orang itu tidak terdaftar di hotel.
1.4.   Memberikan informasi kepada concierge bila kunci kamar tidak dapat dipergunakan atau tidak berfungsi.
1.5.   Membantu bellman mengantar pesan, telex, facsimile dan surat.

2.      Food & Beverage department
2.1.   Bertanggung jawab memonitor minibar untuk layanan tamu VIP dalam hal mempersiapkan champagne, wine, dan sebagainya.
2.2.   Keranjang buah, peralatan gelas, pisau dan lain-lain harus diatur sedemikian rupa sehingga kelihatan sedap dipandang mata.
2.3.   Membantu room service dalam hal menawarkan makanan dan minuman bagi tamu yang menginginkan.

3.      Housekeeping Department
Melaporkan ke Housekeeping office atau room boy apabila melihat kamar yang kotor.
Melaporkan ke Housekeeping office bila ada kamar yang sudah check-out.
Butler Service harus membuat laporan kepada Housekeeping office agar dibuatkan work order seandainya ada kamar yang rusak.
Membantu melakukan open bed apabila diperlukan.

prosedur kerja butler service

Prosedur kerja Butler Service
      Dalam melaksanakan tugasnya ada prosedur kerja yang berlaku bagi butler service. Prosedur kerja itu disesuaikan dengan shift-nya masing-masing, yaitu:
1.      Butler shift pagi hari
            Memelihara penampilan secara professional, memakai seragam yang bersih dan rapi, sepatu disemir dan memakai tanda pengenal karyawan.
            Hadir dan tanda tangan kehadiran di housekeeping office.
            Mengambil master key dan tanda tangan sebagai bukti telah mengambil master key.
            Mempersiapkan pelayanan di kamar tamu untuk tamu yang mengajukan permintaan bangun pagi.
            Mendistribusikan koran-koran. Bagikan koran sesuai permintaan tamu, kecuali untuk kamar-kamar yang wake-up callnya belum tiba saatnya. Koran dapat diselipkan di bawah pintu. Khusus untuk kamar suite, korannya dimasukkan ke tempat koran (newspaper jacket).
2.      Butler shift sore hari (pukul 14.00 hingga 23.00)
            Penampilan harus professional, berpakaian bersih dan rapi, sepatu disemir dan memakai pengenal.
            Tanda tangan kehadiran dan mengambil kunci.
            Mengambil afternoon amenities di pastry dan membawanya ke pantry. Kemudian afternoon amenities tersebut diletakkan di tempat yang telah disediakan.
            Mengantar afternoon amenities antara pukul 14.00 hingga 15.30. Tiap lantai diwakili oleh satu orang butler yang membawa afternoon amenities trolley. Pemberian afternoon amenities dilakukan bersamaan dengan penggantian ice cube.
            Menerima laundry yang telah selesai dicuci, dicek satu persatu. Jumlah dan tipe barang dipilah sesuai dengan identitas yang tertulis dalam log book.
            Mengembalikan laundry ke kamar tamu. Untuk laundry yang biasa digantung di kapstok(hanger), letakkan di kamar mandi, di sisi terdekat dari pintu dengan kaitan menghadap ke dalam. Sementara untuk laundry yang mesti ditaruh di dalam keranjang, letakkan di sisi ujung tempat tidur atau di dekat jaket mandi yang terletak di tempat yang paling dekat dengan pintu masuk.
            Makan malam : Butler secara bergantian istirahat makan malam antara pukul 16.30 hingga 18.30.
            Membantu tamu mengepak barang-barangnya.

pengertian butler

V. Pengertian Butler Service Attendant
Menurut Ir. Endar Sugiarto,MM (2002:119), Butler Service Attendant adalah karyawan hotel yang mampu memberikan sejumlah layanan kepada tamu baik di Front Office, Housekeeping maupun Food & Beverage.
Pengertian Butler Service menurut Ir. Endar Sugiarto, MM (2003:120), merupakan salah satu bidang layanan atau jasa yang dituntut untuk memberikan kepuasan tamu.
            Menurut wikipedia (The Free encyclopedia), A Butler is the senior manager of a formal or multi-staffed household, usually in charge of only one residence. A butler typically has professional training and formal experience in the field. A butler can be a live-in or live out employee.(Terakhir diubah pada 06:12,25Januari 2008).

            Yang dapat diartikan, Butler di dunia barat dan terutama di Britania Rata dan bekas jajahannya adalah pelayan senior dalam sebuah rumah tangga. Posisi ini telah ada sejak ratusan tahun, namun dalam arti modern seorang butler bertanggung jawab tergadap makanan, minuman, alat makan, menyelia pelayan lain, dan kadang melakukan tugas-tugas lain. Istilah-istilah lain untuk butler adalah Butler administrator, staff manager, dan head of household staff.